Skripsi dan Segala Kegalauannya..

Hello guys!! Senengnya bisa posting blog lagi tanpa mesti terganggu dengan banyak hal.. hahaaa
As you all guys know, yang namanya skripsi itu adalah hal paling wajib buat dijalanin sama seluruh mahasiswa yang pengen lulus dari perguruan tinggi mereka masing-masing. Kalo kata dosen gue dulu "Skripsi itu bagaikan bola karet, semakin lo tendang jauh-jauh, dia bakalan mantul ke dinding dan balik lagi ke elo.." yang artinya lo bisa aja lari dari skripsi, malas buat ngerjainnya, tapi ujung-ujungnya.. lo mesti kerjain juga (kalo mau lulus sih.. hahaha). Saran gue, jangan pernah nunda-nunda skripsi, selagi lo masih punya temen di kampus, selesain skripsi lo, biar masih bisa nanya kalo lagi "galau" hihi..
Kali ini gue cuman mau share pengalaman gue seputar skripsi dan segala kegalauan yang gue hadapi, lets check it out
Gue nulis skripsi lumayan lama juga (menurut gue) sekitar 6 bulanan terhitung dari mulai nulis sampe sidang. Ini bukan dikarenakan data yang susah atau apa.. sebenernya masalah utama mahasiswa yang lagi nulis skripsi itu lebih banyak ke masalah internal diri sendiri daripada yang lain,

"Apa masalahnya ta??"
Well gue bakalan jawab "masalahnya yaitu.. MALAS"

Ngga bisa dipungkirin kalo masalah itu sulit banget dihindari.. ngga terkecuali buat gue.

  • Ngajuin judul, malas
  • Lagi niatnya ngajuin judul, malah judul ditolak melulu sama dosbing dengan segala macam alasannya.. unjung-ujungnya apa?? malas lagi ngajuin judul, takut ditolak. Ampe akhirnya kena sms sama dosbing, dan dipaksa buat ngajuin judul.
  • Judul udah dapet (sujud syukur) malah stuck sama BAB I bagian Latar Belakang dan teman-temannya, setiap ngadap ke dosbing hasil karya gue itu selalu aja di coret, salah dan salah melulu, akhirnya apa?? malas lagi ngerjainnya.. ngga ada inspirasi jadi alasan klasik banget!! Ujung-ujungnya, temen-temen udah pada seminar proposal duluan, nah gue masih terjebak di BAB I. Bikin stres? pastinya!! Tapi berkat itu juga semangat gue berkobar (#tsah) dan nyelesain BAB I dengan selamat dan seminar proposal bareng temen gue (berhasil.. berhasil.. berhasil.. hore!!). Untuk ini, gue kasih tau sama kalian yang lagi nyusun skripsi dan galau karena judul and latar belakang, kalo sebenernya penderitaan terbesar dari skripsi itu yah dua tahap ini, yang lain mah gampang aja.. Jadi ketika lo jadi malas dan galau karena ini, lo mesti nyemangatin diri lo buat ngelewati tahapan ini sesegera mungkin!! pasti bisa!! :)  
  • Selesai seminar proposal (tahapan pertama lewatt..) lanjut buat hasilnya. Nah.. ini juga bikin galau!! Terlebih kalo data lo itu kuesioner (data primer) kayak gue, apalagi kalo untuk isian kuesioner lo mesti berurusan sama aparat pemda di tempat lo, susahnya.. ampun!! (ngga tau yah gimana kalo di daerah lain). Dari mulai mesti izin dulu sama lembaga perizinan setempat buat bikin surat pengantar ke kantor-kantor yang bakalan jadi sampel lo, izin sama kepala dinas masing-masing kantor, nyebarin kuesioner ke setiap pegawai di kantor terkait.. itu belom seberapa, yang paling ngebosenin nih yah gue kasih tau.. yaitu NARIK KUESIONER BALIK!! beng, dibutuhin kesabaran tingkat dewa banget!! Bolak-balik tiap hari dengan hasil nihil bukan jadi hal aneh lagi buat gue, udah biasa mah.. mereka banyak alasannya, mulai dari belom dikasihlah, surat dari kepala belom turun, lagi pada rapat, dan.. seabrek alasan lainnya.. Alhamdulillah, finally.. dapet juga kuesionernya.. tapi eitss.. lo pikir penderitaan selesai dan lo bisa langsung entry data?? lo SALAH BESAR. Kuesionernya mesti lo filter terlebih dahulu sesuai dengan kriteria penelitian lo, kalo gue sih pake kriteria purposive sampling, yang bahasa sederhananya.. lo nentuin sendiri kriteria macam apa yang lo mau. Masalah yang lo temuin disini juga beragam, mulai dari yang ngga sesuai dengan kriteria, kuesioner yang ngga diisi, ada juga yang fatal ampe sampelnya kurang ngga nyampe 30 buah (buat dimasukkin ke SPSS), untungnya sih yang satu ini ngga terjadi sama gue :)
  • Selesai filter  kuesioner, saatnya lo entry data. Bagian entry data itu enak, enak banget!! selagi data lo normal. Masalahnya.. datanya suka jahil, mereka lebih sering ngga normal daripada normalnya, apalagi kalo data lo kuesioner yang ngandalin persepsi dan pendapat orang, tingkat ketidaknormalannya sadis banget!! GALAU?? wuihh.. jangan lo tanya deh!! Orang-orang yang ada di tahap ini, gue pastiin kalo dia bakalan jadi orang dengan tingkat sensitif yang ampe puncaknya!! Enaknya kalo lo punya kenalan yang bisa bantu buat normalin data lo, gue punya sih beberapa kenalan itu, tapi apa?? MEREKA JUGA NGGA BISA BANTU BUAT NORMALIN DATA GUE!! aarrgghtt.. pengen rasanya bunuh diri aja!! Hopeless?? pasti!! malah gue sempat nangis segala.. Tapi gue punya satu quotes yang inspiring  banget dari salah satu cowok, yaitu "no matter how hard life is.. NEVER LOSE HOPE!!" kalian semua harus yakin, Tuhan bakalan selalu ada bersama mahasiswa tingkat akhir, asal.. lo doanya bukan pas lagi butuhnya aja!! jadi bagi yang lagi nulis skripsi, gue saranin.. segalau-galaunya pikiran lo, curhat deh sama yang maha satu, silahkan nangis sepuas lo, Dia pasti dengerin dan bantu lo dengan cara-cara yang sama sekali ngga terduga.. bukannya nulis di twitter "susah banget ini skripsi.." lo pikir twitter atau socmed itu bisa bantu lo?? aib iya (keliatan banget bodohnya, hahaha)
  • Syukurnya, Tuhan bantu gue banget!! setelah di utak-atik dengan berbagai cara dan bermodalkan googling, data gue pun jadi normal, yeaaayyy!!!! Masalah berikutnya datang lagi.. "apa ta??" yaitu BAB HASIL lo yang udah lo tulis dengan sejuta keringat dan harapan malah di coret dengan seenak udelnya sama dosbing lo, dibilangin.. "ini masih ada yang salah, analisis ulang" okeh salah, tapi kan salahnya dikit, mesti kertasnya di coret semua?? Print mahal tau!! -___-" ulang lagi dari awal, ngadap lagi.. Dan apesnya, dosbing gue ini tipe yang perfeksionis, salah dikit aja, batal acc, beng.. stres banget!!
  • Setelah perbaikan seminggu (FYI, dalam seminggu gue bisa datangin dosbing gue ampe 3-4 kali.. ini trik biar lo cepet dikasih acc, hahaa), akhirnya gue di acc juga (sujud syukur lagi). Tapi ini nih puncak kegalauan setiap mahasiswa.. SIDANG SKRIPSI. Pasti nih kalian anggap kalo sidang skripsi itu negangin banget, ya kan? kalo menurut gue, sidang skripsi itu enak banget!! Gue sidang tanggal 4 Juli 2013, kalo ngga salah hari itu hari kamis jam 10 am. Pengalaman sidang gue, ngga enak!! karena apa? ngga ada satu teman pun yang nemenin gue sidang.. gue sih its okay kalo temen-temen itu ngga bisa nemenin gue, toh gue juga bakalan sidang sendirian dalam ruangan dan berhadapan dengan 4 dosen (pembimbing dan penguji). Untungnya seperti yang gue bilang, Tuhan bersama kita!! berkat doa temen-temen gue yang lain (include narda, dewi, tasia, fanny, lee serta gite yang nun jauh disana) dan pastinya doa keluarga dan kedua orang tua, sidang gue berjalan lancar, gue bisa jawab semua pertanyaan dosen, dan dapet nilai A!! Rasanya semua kegalauan, capek, letih terbayar semua. Bangga banget ngomong pas pulang sama ayah ibu kalo gue dapet A!! Untuk itu, gue saranin ke kalian semua, ketika sidang.. yang namanya grogi itu PASTI ADA, tapi lo mesti percaya selagi itu skripsi lo kerjain dengan tangan sendiri, mau dibalik gimana pertanyaannya lo pasti bisa jawab!! Jangan lupa, sebelum sidang lo berdoa dulu, minta bantuan sang khalik :)
FYI, gue dulu mahasiswa Jurusan Akuntansi di Universitas Bengkulu, lulus tahun 2013.
Gue ambil peminatan Akuntansi Sektor Public (karena cita-citanya mau kerja as ASN dulu, hahaha)
Judul Skiripsi gue :

"Pengaruh Sumber Daya Manusia, Plafon Anggaran dan Perubahan Regulasi Terhadap Kualitas Anggaran Pada Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu"

atau

"Effect of Human Resources, Ceiling Budget, and The Quality of Regulation Changes in Local Government Provincial Budget Bengkulu"

Kenapa di English kan judulnya? well.. pas iseng googling nama, ternyata judul skripsi gue pernah diikutkan Konferensi Miicema ke-14 di Bogor.
Seneng banget!! Tapi gue bakal lebih seneng lagi kalo gue dikasih tau in person daripada cuma tau dari Google :)

Yipp.. itu dia cerita dan pengalaman gue tentang skripsi.. semoga dengan baca postingan ini, kalian yang pada skripsi juga ikutan termotivasi yah.. Dan cepat kelarin skripsinya, bukan buat dipuji sama orang lain, lakukan ini demi diri kalian sendiri, terutama buat kedua orang tua kalian yang selalu percaya kalo anaknya bisa bikin mereka bahagia :) SEMANGAT SKRIPSI SEMUA..!! :D

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Komik - Topeng Kaca (Garasu no Kamen) by Suzue Miuchi

Arti Kata "Mistletoe" Pada Lagu Mistletoe by Justin Bieber

Review Movie - Sinopsis Abduction by John Singleton